Perlu Anda
ketahui bahwa istilah teknologi pendidikan kebanyakan digunakan di Inggris dan
Kanada, kemudian istilah teknologi pembelajaran lebih banyak digunakan di
Amerika Serikat, kemudian Muhammad Yaumi (2017) juga menjelaskan bahwa
teknologi pendidikan berbeda dengan teknologi pembelajaran, meski secara umum
kedua term tersebut memiliki objek kajian yang sejalan, di mana keduanya
bergerak dalam memfasilitasi belajar dan memperbaiki kinerja.
Berikut tabel
yang digunakan Muhammad Yaumi (2017) menjelaskan perbedaan antara teknologi
pendidikan dan teknologi pembelajaran, mulai dari aspek area kajian, kata
kunci, fokus, tujuan, serta lingkungan kajian.
|
Aspek
|
Teknologi Pendidikan
|
Teknologi
Pembelajaran
|
|
Area Kajian
|
Mengajarkan teknologi sebagai area
konten untuk memfasilitasi belajar dan memperbaiki kinerja
|
Mengajar dengan menggunakan
teknologi sebagai alat untuk memfasilitasi belajar dan memperbaiki kinerja
|
|
Kata Kunci
|
Integrasi dan pendidikan
|
Lingkungan belajar, proses dan sistem
pembelajaran
|
|
Fokus
|
Membentuk kurikulum dan
menyelesaikan masalah kinerja
|
Lebih banyak diarahkan pada
pengembangan dan penciptaan system belajar yang melibatkan beberapa jenis
teknologi
|
|
Tujuan
|
Literasi teknologi untuk setiap
orang
|
Meningkatkan proses pembelajaran
|
|
Lingkungan Kajian
|
Berhubungan dengan bagaimana
manusia mendesain dan melakukan inovasi
|
Lebih spesifik pada teknologi
informasi dan komunikasi
|
Dengan kata
lain Teknologi pendidikan merupakan proses yang rumit karena harus melibatkan
orang, prosedur, gagasan, peralatan, dan organisasi untuk menganalisis dan
mengolah masalah, kemudian menggunakan, mengevaluasi, dan mengelola seluruh
upaya pemecahan masalahnya yang termasuk dalam seluruh aspek belajar (manusia)
(Erwinsyah, 2015). Sedangkan lebih lanjut kita harus pahami bahwa teknologi pembelajaran
merupakan bagian dari teknologi pendidikan, hal ini jika kita melihat kembali
pada pendapat sebelumnya yang menyatakan teknologi pendidikan berada pada
tatanan lembaga atau instansi dan semua yang berkaitan dengan pendidikan, baik
itu fasilitas, kinerja dan inovasi dalam pendidikan, sedangkan teknologi
pembelajaran hanya pada ranah pembelajaran.



0 komentar:
Posting Komentar