Coba kita perhatikan table
dibawah ini dimana letak perbedaan dari ketiga model pengembangan ini.
|
No
|
Perbandingan Model Pengembangan
|
|||
|
ASSURE
|
ADDIE
|
Hannafin dan Perck
|
||
|
1
|
Analisis karakteristik peserta didik, yang meliputi
keterampilan dan gaya belajar peserta didik
|
Analysis, menganalisis bahan ajar serta kurikulum yang
digunakan dalam pembelajaran (masalah pembelajaran yang sedang dihadapi)
|
Need assessment, meganalisis media serta hal-hal yang dibutuhkan
untuk tujuan yang hendak dicapai. (peralatan yang dibutuhkan dalam menyusun
media) serta kelompok sasaran produk/media.
|
Evaluasi dan revisi
|
|
2
|
Merumuskan tujuan dengan memperhatikan karakteristi
peserta didik.
|
Merancang dengan menentukan kompetensi khusus,
metode, bahan ajar, dan strategi pembelajaran
|
Merancang, dengan mengumpulkan serta mengolah alat-alat, bahan, dan sumber yang akan
digunakan
|
|
|
3
|
Memilih metode, media, dan materi
|
pengembangan
|
Pengembangan dan implementasi
|
|
|
4
|
Menggunakan metode, media, dan materi
|
Implementasi
|
|
|
|
5
|
Meminta partisipasi peserta didik
|
Evaluasi dan Revisi
|
NB: Evaluasi dan Revisi dilakukan pada setiap tahapan model ini, jadi pada
model ini hanya terdiri dari tiga tahap, tanpa menkhususkan tahap evaluasi
pada tahap akhir.
|
|
|
6
|
Evaluasi dan Revisi
|
|
|
|



0 komentar:
Posting Komentar