Karena kita
telah membahas beberapa jenis media pada kajian sebelumnya, tentu kita perlu
ketahui bahwa, banyak hal yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan media,
tentunya dari sekian banyak media yang ada, tidak semua setiap media
pembelajaran dapat digunakan untuk mencapai tujuan pengajaran, dan setiap media
pembelajaran dapat membantu pendidik dalam melaksanakan satu atau beberapa
fungsi dalam pembelajaran, seperti mengisahkan, mengontrol/mengecek, memberikan
penguatan dan mengadakan evaluasi. Bahkan ada kemungkinan, media dapat mengambil
alih peran pendidik (Mahnun, 2012), contohnya film yang mengisahkan proses
pertumbuhan janin dalam rahim seorang ibu.
Selain itu ada
beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan media pembelajaran
agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik, di antaranya: 1) Beberapa
kendala yang mungkin akan muncul dalam pembelajaran menyangkut dana, fasilitas,
waktu, dan sumber daya manusia yang tentunya harus memadai (ketersediaan
sumber) (Duludu, 2017), dimana pendidik harus mampu menggunakan/mengaplikasikan
media yang hendak digunakannya dalam pembelajaran, tentunya hal ini perlu dipertimbangkan
sebelum memilih media pembelajaran, 2) konten atau isi pembelajaran, hal ini
tentunya menyangkut tujuan pembelajaran itu sendiri (Darmadi, 2017), hal yang
hendak dicapai dengan penggunaan suatu media harus sejalan antara keduanya, 3)
kemampuan peserta didik, hal ini tentu menyangkut karakteristik peserta didik
(Hardianto, 2016), seorang pendidik harus mengetahui kemampuan awal peserta
didiknya agar mampu merancang pembelajaran yang seperti apa yang cocok dengan
peserta didik hal ini tentu berlaku dalam menentukan media yang hendak
digunakan, 4) ketertarikan peserta didik serta pendidik, artinya tingkat
kesenangan atau kecenderungannya harus juga dipertimbangkan dalam pemilihan
media pembelajaran (Satrianawati, 2018). Setelah melihat beberapa faktor yang
harus dipertimbangkan dalam memilih media dapat dikerucurutkan antara lain:
Tujuan pembelajaran, ketersediaan fasilitas/media, dana dan waktu, keterampilan
pendidik, karakteristik peserta didik.



0 komentar:
Posting Komentar