Subscribe:

Sabtu, 07 Juli 2018

Kriteria Pemilihan Media


Karena kita telah membahas beberapa jenis media pada kajian sebelumnya, tentu kita perlu ketahui bahwa, banyak hal yang harus dipertimbangkan dalam pemilihan media, tentunya dari sekian banyak media yang ada, tidak semua setiap media pembelajaran dapat digunakan untuk mencapai tujuan pengajaran, dan setiap media pembelajaran dapat membantu pendidik dalam melaksanakan satu atau beberapa fungsi dalam pembelajaran, seperti mengisahkan, mengontrol/mengecek, memberikan penguatan dan mengadakan evaluasi. Bahkan ada kemungkinan, media dapat mengambil alih peran pendidik (Mahnun, 2012), contohnya film yang mengisahkan proses pertumbuhan janin dalam rahim seorang ibu.
Selain itu ada beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan media pembelajaran agar proses pembelajaran dapat berjalan dengan baik, di antaranya: 1) Beberapa kendala yang mungkin akan muncul dalam pembelajaran menyangkut dana, fasilitas, waktu, dan sumber daya manusia yang tentunya harus memadai (ketersediaan sumber) (Duludu, 2017), dimana pendidik harus mampu menggunakan/mengaplikasikan media yang hendak digunakannya dalam pembelajaran, tentunya hal ini perlu dipertimbangkan sebelum memilih media pembelajaran, 2) konten atau isi pembelajaran, hal ini tentunya menyangkut tujuan pembelajaran itu sendiri (Darmadi, 2017), hal yang hendak dicapai dengan penggunaan suatu media harus sejalan antara keduanya, 3) kemampuan peserta didik, hal ini tentu menyangkut karakteristik peserta didik (Hardianto, 2016), seorang pendidik harus mengetahui kemampuan awal peserta didiknya agar mampu merancang pembelajaran yang seperti apa yang cocok dengan peserta didik hal ini tentu berlaku dalam menentukan media yang hendak digunakan, 4) ketertarikan peserta didik serta pendidik, artinya tingkat kesenangan atau kecenderungannya harus juga dipertimbangkan dalam pemilihan media pembelajaran (Satrianawati, 2018). Setelah melihat beberapa faktor yang harus dipertimbangkan dalam memilih media dapat dikerucurutkan antara lain: Tujuan pembelajaran, ketersediaan fasilitas/media, dana dan waktu, keterampilan pendidik, karakteristik peserta didik.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates