Subscribe:

Sabtu, 07 Juli 2018

Kelemahan beberapa Media Pembelajaran

Media visual, merupakan media pembelajaran yang harus dirancang sedemikian rupa, agar tidak membosankan, baik itu ukuran maupun warnanya, selain itu unsur pesan yang terdapat pada media harus diperjelas (Arsyad, 2017) agar pesan yang ingin disampaikan dapat diterima oleh peserta didik sesuai dengan harapan.
Media audio, merupakan media yang hanya bersifat satu arah, membutuhkan perhatian penuh atau konsentrasi tinggi, selain itu membutuhkan kelas yang benar-benar tenang, jika menggunakan siaran langsung, maka materi/pesan tidak dapat diulang (Susilana dan Riyana, 2009), juga membutuhkan alat yang cukup memadai misalnya sound sistem, dll.
Media audio visual, merupakan media yang bersifat satu arah, memerlukan keahlian dalam pembuatannya (Susilana dan Riyana, 2009) serta alat yang memadai dalam penyajiannya sehingga membutuhkan persiapan yang matang agar tidak terjadi gangguan dalam pembelajaran.
Media multimedia, media ini membutuhkan biaya yang relatif mahal dalam mendesainnya, selain itu membutuhkan keterampilan pendidik yang memadai, selain itu infrastruktur juga harus tersedia (Rakim, 2008), sedangkan masih banyak daearah yang belum tersentuh oleh teknologi dan keterampilan pendidik yang memadai.
Media grafis, dalam pembuatannya membutuhkan keterampilan khusus serta hanya dapat digunakan pada penyajian pesan yang berupa visual (Susilana dan Riyana, 2009). Selain tidak semua pembelajaran dapat disajikan menggunakan media grafis.
Media Realia, media ini memiliki kekurangan di mana pendidik akan kesulitan jika harus membawa peserta didik di luar sekolah, karena bisa jadi akan terjadi kecelakaan, sehingga ini akan beresiko, dan dalam menghadirkan objek yang akan dijadikan media akan membutuhkan biaya yang besar (Ibrahim dan Syaodih, 2003), sehingga tidak semua dapat dihadirkan dalam pembelajaran.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates