Media visual, merupakan media
pembelajaran yang harganya relatif murah, mudah diperoleh dan mudah juga
digunakan, selain itu media visual dapat menjelaskan pembelajaran yang bersifat
abstrak menjadi lebih konkret (Angkowo dan Kokasih, 2007) sehingga mudah untuk
dipahami.
Media audio, dengan
menggunakan media audia maka dapat melatih konsentrasi peserta didik, sehingga
sangat cocok pada pembelajaran bahasa dan musik (Susilana dan Riyana, 2009),
dengan pemusatan perhatian peserta didik dengan apa yang didengarnya saja,
selain itu penggunaan audio dapat menjangkau massa yang banyak, selain itu
dapat dengan mudah diperoleh.
Media audio
visual, dengan media ini maka akan lebih menarik, karena
selain dapat dilihat juga dapat didengar, sehingga peserta didik tidak mudah
bosan dan akan lebih mudah memahami maknanya dengan kata lain informasi yang
disampaikan lebih aktual (Harjanto, 2000), selain itu
pendidik juga tidak kehabisan tenaga dalam mengajar, karena adanya media yang
medukung.
Media
multimedia. ada beberapa hal yang menjadi kelebihan dari media ini
dibandingkan dengan media yang lainnya, karena media ini menggabungkan beberapa
media yang ada, adapun keunggulan media ini antara lain: memberikan ketertarikan
peserta didik dengan karakteristik peserta didik yang berbeda-beda,
menghadirkan pembelajaran serta menuntun peserta didik yang interaktif (Nopriyanti
dan Sudira, 2015, sehingga dapat memotivasi peserta didik).
Media Grafis, merupakan media
yang dapat mempermudah dan mempercepat pemahaman peserta didik, serta dapat
dilengkapi dengan warna-warni sehingga dapat menarik perhatian lebih (Susilana
dan Riyana, 2009), juga dapat dengan mudah serta murah dalam mendapatkannya.
Media Realia, media ini
dapat membantu peserta didik menyaksikan secara nyata baik itu situasi ataupun
objek yang dimaksud (Ibrahim dan Syaodih, 2003), sehingga peserta didik dapat
menggunakan banyak indranya dalam memahami pembelajaran yang ada.selain itu
peserta didik tidak akan mudah bosan dalam pembelajaran.



0 komentar:
Posting Komentar