Subscribe:

Sabtu, 07 Juli 2018

Teknologi dalam Pembelajaran



Ada tiga peran utama yang diunggulkan dari kehadiran TIK sebagai sumber belajar (Prawiradilaga, 2013):
1.      Menjawab kebutuhan Informasi
2.      Memberikan layanan yang cepat dan murah
3.      Menyediakan informasi terkini.
Menjawab kebutuhan Informasi, bahwa dengan adanya teknologi maka informasi yang diperoleh dapat diperbaharui dengan mudah hanya dengan menggunakan fasilitas teknologi yaitu penggunaan internet dengan menggunakan perangkat keras berupa telepon genggam, maka dengan sekali klik semua dapat kita peroleh informasi yang kita inginkan,
Memberikan layanan yang cepat dan murah, bahwa kehadiran teknologi dapat dengan mudah dijangkau oleh semua kalangan, bahwa penggunaan internet kini sudah menyentuh semua kalangan masyarakat, baik itu orang tua sampai anak-anak, dan kalangan atas sampai dengan bawah. Fasilitas internet bukan lagi berkisar pada kalangan si kaya, tetapi meramba ke semua golongan.
Menyediakan informasi terkini, bahwa penggunaan internet dapat mempercepat informasi tanpa harus menunggu lagi terbitnya sebuah Koran untuk memperoleh berita ter-uptdate, tanpa harus menunggu terbitnya sebuah buku dalam bentuk cetak sebagai sumber belajar, karena sudah tersedia banyak buku-buku elektronik, jurnal, artikel secara online, selain itu seorang pendidik dapat dengan mudah mengembangkan media, strategi, dan model pembelajarannya dengan bantuan teknologi.
Berikut beberpa peran teknologi pembelajaran (Gusmaneli, 2012) di antaranya:
1.    Mengefektifkan pembelajaran dari yang bersifat tradisional secara kalsikal menjadi pembelajaran individual, terbuka dan sesuai dengan minat dan kemampuan peserta didik.
2.    Dapat dimanfaatkan secara luas oleh masyarakat. teknologi pembelajaran maka peserta didik dapat mengikuti pembelajaran tidak terbatas tempat dan waktu untuk mengikuti pendidikan.
3.    Mempunyai kelayakan dalam kelompok kecil, besar atau secara individual. Dengan berperannya teknologi pembelajaran maka belajar
Itu dapat dilaksanakan apakah secara klasikal, kelompok kecil, besar ataupun dengan individual tergantung dengan peralatan dan materi yang akan dipelajari.
4.    Mempermudah dalam penyampaian informasi baik secara verbal maupun non verbal.
Selain itu teknologi pendidikan menjadikan peserta didik dapat melakukan pembelajaran mandiri, sehingga mengakibatkan pergeseran peran dari pendidik, karena dengan teknologi pembelajaran lokasi pembelajaran dapat dialihkan (Prawiradilaga, 2012), tidak lagi mesti bertatap muka secara langsung tetapi dapat melalui pemanfaatan penggunaan jaringan internet melalui alat komunikasi seperti komputer/laptop, tablet, dan telepon genggam/smartphone yang kini sangat marak penggunaannya.
Tidak dapat dipungkiri kehidupan manusia kini telah berkembang pesat akibat kehadiran teknologi, segala sesuatu kini dilayani dengan mesin teknologi tanpa terkecuali dalam pembelajaran, bahwa dengan teknologi pembelajaran maka ada tiga tadi fungsi utama bahwa informasi semakin mudah, cepat, dan murah untuk didapatkan. Sumber-sumber belajar dapat dengan mudah diakses, jadi tidak ada lagi alasan untuk seorang pembelajar untuk bermalas-malasan dalam belajarnya. Serta seorang pendidik dapat dengan mudah merancang media pembelajaran dengan layanan teknologi.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates