Ada tiga peran utama
yang diunggulkan dari kehadiran TIK sebagai sumber belajar (Prawiradilaga, 2013):
1. Menjawab
kebutuhan Informasi
2. Memberikan
layanan yang cepat dan murah
3. Menyediakan
informasi terkini.
Menjawab
kebutuhan Informasi, bahwa dengan adanya
teknologi maka informasi yang diperoleh dapat diperbaharui dengan mudah hanya
dengan menggunakan fasilitas teknologi yaitu penggunaan internet dengan
menggunakan perangkat keras berupa telepon genggam, maka dengan sekali klik
semua dapat kita peroleh informasi yang kita inginkan,
Memberikan
layanan yang cepat dan murah, bahwa kehadiran
teknologi dapat dengan mudah dijangkau oleh semua kalangan, bahwa penggunaan
internet kini sudah menyentuh semua kalangan masyarakat, baik itu orang tua
sampai anak-anak, dan kalangan atas sampai dengan bawah. Fasilitas internet
bukan lagi berkisar pada kalangan si kaya, tetapi meramba ke semua golongan.
Menyediakan
informasi terkini, bahwa penggunaan
internet dapat mempercepat informasi tanpa harus menunggu lagi terbitnya sebuah
Koran untuk memperoleh berita ter-uptdate, tanpa harus menunggu
terbitnya sebuah buku dalam bentuk cetak sebagai sumber belajar, karena sudah
tersedia banyak buku-buku elektronik, jurnal, artikel secara online, selain itu
seorang pendidik dapat dengan mudah mengembangkan media, strategi, dan model
pembelajarannya dengan bantuan teknologi.
Berikut beberpa
peran teknologi pembelajaran (Gusmaneli, 2012) di antaranya:
1.
Mengefektifkan
pembelajaran dari yang bersifat tradisional secara kalsikal menjadi pembelajaran
individual, terbuka dan sesuai dengan minat dan kemampuan peserta didik.
2.
Dapat
dimanfaatkan secara luas oleh masyarakat. teknologi pembelajaran maka peserta
didik dapat mengikuti pembelajaran tidak terbatas tempat dan waktu untuk mengikuti
pendidikan.
3.
Mempunyai
kelayakan dalam kelompok kecil, besar atau secara individual. Dengan
berperannya teknologi pembelajaran maka belajar
Itu dapat dilaksanakan apakah secara klasikal, kelompok kecil,
besar ataupun dengan individual tergantung dengan peralatan dan materi yang akan
dipelajari.
4.
Mempermudah
dalam penyampaian informasi baik secara verbal maupun non verbal.
Selain itu teknologi pendidikan
menjadikan peserta didik dapat melakukan pembelajaran mandiri, sehingga
mengakibatkan pergeseran peran dari pendidik, karena dengan teknologi
pembelajaran lokasi pembelajaran dapat dialihkan (Prawiradilaga, 2012), tidak
lagi mesti bertatap muka secara langsung tetapi dapat melalui pemanfaatan
penggunaan jaringan internet melalui alat komunikasi seperti komputer/laptop,
tablet, dan telepon genggam/smartphone yang kini sangat marak
penggunaannya.
Tidak dapat dipungkiri kehidupan
manusia kini telah berkembang pesat akibat kehadiran teknologi, segala sesuatu
kini dilayani dengan mesin teknologi tanpa terkecuali dalam pembelajaran, bahwa
dengan teknologi pembelajaran maka ada tiga tadi fungsi utama bahwa informasi
semakin mudah, cepat, dan murah untuk didapatkan. Sumber-sumber belajar dapat
dengan mudah diakses, jadi tidak ada lagi alasan untuk seorang pembelajar untuk
bermalas-malasan dalam belajarnya. Serta seorang pendidik dapat dengan mudah
merancang media pembelajaran dengan layanan teknologi.



0 komentar:
Posting Komentar